Langsung ke konten utama

Pandan Chiffone Kaya Cake



Baru kali ini mencoba cake ini, perpaduan antara chiffone cake dan kaya, yang disusun menyerupai kue lapis. Rasanya lembut dan aroma pandannya sangat terasa.

Langkah pertama kita bikin pandan chiffone cake dulu ya...

Bahan-bahan pandan chiffone cake :
( untuk loyang ukuran 22 x 22 x 7 cm )
- 100 gram tepung protein sedang
- 1/2 sdt baking powder
- sejimpit garam halus
- 20 gr gula pasir
- 90 gram kuning telor
- 100 gram minyak sayur, saya pakai minyak canola
- 90 ml susu cair full fat
- 12 - 15 tetes pasta daun pandan
- 210 gram putih telor
- 80 gram gula pasir
Pasta pandan yang saya pakai :


Langkah-langkah pembuatan chiffone cake :
1. alasi semua sisi loyang dengan kertas baking.
2. panaskan oven di suhu 160°C
3. whisk manual gula pasir + kuning telor, sampai gula pasir larut.


4. tambahkan minyak canola, aduk sampai tercampur rata.
5. tambahkan tetesan pasta daun pandan , aduk rata.


6. ayak : tepung + baking powder + garam
7. masukan hasil ayakan ke dalam adonan kuning telor dan gula, sisihkan.


8. di baskom lain, mixer putih telor sampai berbusa / foam, kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit ( 3 tahap ), mixer sampai tahap firm peak.
**Note : tahapan mengocok putih telor : foam, soft peaks, firm peaks, stiff peaks


9. masukkan adonan putih telor ke dalam adonan kuning telor dan gula ( 3 tahap ), aduk rata namun jangan over aduk, agar chiffone cake nantinya tidak kehilangan semua gelembung udaranya.


10.tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disediakan, jangan disendok / spatula, biarkan mengalir pelan.
11. drop loyang 3x di meja agar gelembung udara di dalam adonan loyang keluar, kalau lupa drop loyang , maka akan ada lubang di dalam chiffone cake ( lihat contoh gambar berikut , seperti saya yang lupa drop loyang ...jujur banget yak he he he ).
12. oven selama 40-45 menit. setelah matang keluarkan dari oven dan drop di meja lagi ( agar chiffone tidak mengkerut ), balik chiffone dan diamkan sampai kondisi dingin, baru keluarkan dari loyang.


13. potong chiffone menjadi 3 bagian sama rata.


14. siapkan loyang yang tadi dipakai memanggang chiffone, alasi dengan alumunium foil atau kertas baking, biarkan dua sisi dialasi alumunium foil / kertas baking lebih panjang, untuk memudahkan saat penggambilan cake nantinya.


15. letakkan satu lembar chiffone cake di bagian bawah loyang, sisihkan.

Bahan-bahan adonan kaya :
- 600 ml air
- 1 sdt agar-agar bubuk, tanpa warna
- 80 gram gula pasir
- 50 gram mentega , unsalted
- 1/4 sdt garam halus
- 80 gram sari pandan, saya pakai sari pandan jadi

- 240 ml santan
- 10-12 tetes pasta pandan, atau sesuai selera
- 70 gram tepung kacang hijau


Langkah-langkah pembuatan pandan kaya :

1. bagi gula ke dalam 2 bagian, 1 bagian campur dengan agar-agar dan 1 bagian campur dengan tepung kacang hijau.
2.campur rata : santan + campuran gula dan tepung kacang hijau
3. dalam panci campur jadi satu : air + campuran gula dan agar-agar + mentega + sari pandan+ garam, aduk rata di atas kompor, sampai gula pasir larut.
4. angkat dari kompor dan masukkan adonan santan , aduk sampai rata dan halus.
5. kembalikan adonan ke atas kompor, masak sampai agak kental,sampai adonan bisa untuk melapisi sisi panci, bisa menempel dan tidak mangalir jatuh ke bawah.

**kalau adonan terlalu kental, maka tidak bisa merata saat dituang di atas chiffone cake, karena chiffone cake sangat lembut, kalau di ratakan dengan sendok / spatula akan merusak permukaan chiffone.

** kalau adonan terlalu cair, maka akan memakan waktu lama untuk bisa meletakkan lapisan ke dua chiffone, akhrinya adonan kaya bagian terakhir akan cenderung terlalu kental.

Assembling :
Cara saya, setelah adonan kaya matang, saya taruh di gelas ukur, untuk mengetahui total volume kaya, kemudian saya kalkulasi dibagi 3.

Contoh : total volume kaya 900 ml, maka kalau dikalkulasi 900 : 3 = 300 ml .

Taruh loyang di atas timbangan dan tuang kaya sebanyak 300 ml, ratakan kaya dengan menggoyang-goyangkan loyang ke kanan dan kiri, atas dan bawah, diamkan sekitar 50 detik ( kalau pas tingkat kekentalan kaya dalam waktu 50 detik sudah set, dan siap di tumpuk dengan lembaran chiffone).

Setelah 50 detik, letakkan lembaran chiffone ke.2, jangan ditekan. kemudian ulangi lagi taruh di atas timbangan dan tuang 300 ml kaya. ratakan dan diamkan 30 detik.

Letakkan lembaran chiffone ke.3 / terakhir, kemudian tuang sisa kaya, ratakan dan simpan di kulkas sampai betul-betul set.


Keluarkan cake, dengan mengangkat kelebihan alumunium foil / kertas baking, potong-potong sesuai selera.


Selamat mencoba...
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Percobaan ke-2 dengan menggunakan loyang yang lebih kecil.

Bahan-bahan sama seperti percobaan ke-1 , cuma untuk agar-agar saya pakai merk lain dan santan saya ganti dengan susu….harap maklum karena tidak selalu ready santan di rumah, kalau susu pasti ada :)

Saya pakai agar-agar merk ini, kekentalan kaya nya lebih pas. Entah ada tidak di Indonesia, kalau tidak ada bisa pakai agar-agar yang tersedia di tanah air saja.


Saya menggunakan loyang 12 x 20 cm
(my private note:pakai loyang kotak alumunium disekat dengan karton box yang dibungkus alu foil )

Bahan untuk chiffone pandan cake :
- 20 gram gula pasir
- 45 gram kuning telor
- 30 gram minyak sayur ( saya pakai minyak canola )
- 45 gram susu full fat
- 8 tetes pasta pandan
- 70 gram tepung protein sedang
- 1/4 sdt baking powder
- 1/8 sdt garam halus
* 120 gram putih telor
* 30 gram gula pasir
Langkah-langkah pembuatan chiffone cake sama seperti pada percobaan pertama.

Bahan untuk kaya :
- 250 air
- daun pandan 5 lembar potong2 ( atau bisa pakai sari pandan jadi )
- 1/2 tsp agar-agar tanpa warna
- 35 gr tepung kacang ijo / hunkwee
- 40 gr gula
- 1/8 tsp garam halus
- pasta pandan
- 200 ml susu cair full fat

Langkah-langkah pembuatan kaya :
- rebus air dan daun pandan sampai mendidih, matikan api tutup panci dan biarkan 20 menitan
- campur agar-agar + gula+garam+hunkwee, aduk rata(*)
- saring daun pandan, campurkan susu + pasta pandan, aduk rata
- campurkan adonan hunkweenya(*), aduk rata
- taruh di atas kompor, masak sampe meletup-letup.

Assembling sama seperti percobaan pertama.

Karena saya di rumah cuma berdua, lebih suka memakai resep ke-2 ini.

Selamat mencoba lagi ya…. :)
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Trio of Biscotti ( recipe by Paul Hollywood )

 ( mix nuts + raisins ) (almond chocolate orange biscotti) A Trio of Biscotti ( by Paul Hollywood ) Makes 15-20 Bake 30 minutes Ingredients : For the biscotti base 250g plain white flour (use an extra 30g for the chocolate biscotti), plus extra for dusting ½ tsp baking powder 250g caster sugar 2-3 medium eggs, beaten Pistachio and cranberry flavouring 220g shelled pistachio nuts 125g dried cranberries Finely grated zest of 1 lemon OR Hazelnut and date flavouring 200g skinned hazelnuts 125g stoned dates Finely grated zest of 1 lemon OR Chocolate, almond and orange biscotti 50g good-quality dark chocolate 135g blanched almonds 50g chocolate chips Finely grated zest of 1 orange ½ tsp vanilla extract Methods : 1. Heat your oven to 140°C (or 160°C for a non-fan oven, which is a better option for this recipe if available). Line a baking tray with baking parchment or silicone paper – I suggest you do this even if your tray is non-stick. 2. M

Sop Ayam ala Pak Min Klaten

Kadang kalau lagi keinget alm. Bapak yang hobi jajan dan makan, jadi keinget sop ini, dulu suka sekali Bapak beli buat cucu pertamanya. Jaman sop Pak Min masih trend. Sekarang entah masih ada tidak di Salatiga. Saya pernah icipin sekali, namun sampai sekarang masih keinget rasanya seperti apa. Kenapa cuma sekali icip-icip ? Karena saya dari dulu tidak hobi jajan, lebih senang masak sendiri di rumah, menurut saya lebih sehat dan lebih mantap. Dalam rangka memperingati kangen Bapak, hari ini nge-sop ala Pak Min Klaten, saya suka kalau diberi perasan jeruk lemon agak banyakan, jadi tidak eneg.  Saya pakai ayam untuk dibakar...di sini ada ayam buat dibakar itu trus ayam buat soup, ayam kuning ( dikasih makan jagung ayamnya), ayam muda dan ayam organic. Saya pakai ayam buat dibakar, karena ayam soup kebetulan lagi kosong stoknya di warung dan sudah kepengen banget sama sop satu ini. Ayam di sini amat sangat mudah empuk kalau dimasak, jadi masaknya tidak perlu pakai lama.  Semua

Mango Mousse Cake

Hari ini pengen ba nget makan yang segar-segar … cantik-cantik...dan yang bahan-bahannya ada di stok, lagi males belanja, sejak pandemi sengaja belanja seminggu sekali saja, nah kebetulan ada mangga frozen yang sudah nangkring di kulkas sejak sebulan yang lalu, ada coklat putih yang juga sudah lama duduk manis di lemari, kalau gak salah sisa dulu bikin white choc. mousse, cek tanggalnya masih belum kadaluwarsa teman, mari kita eksekusi. Sesaat setelah buka-buka buku koleksi resep dan intip-intip di google, akhirnya bikin campuran aneka resep sesuai ketersediaan bahan di rumah ... Akan ada 5 lapisan : Bahan-bahannya dan step-stepnya beriringan saja ya agar mudah dimengerti. Mango Jelly 230 gram mangga 30 gram gula pasir 2 gram gelatin ( saya memakai gelatin lembaran ) 10 ml air matang Saya pakai hand mixer, pertama-tama saya bikin puree mangga dahulu. Campur mangga dan gula. Kemudian mixer sampe halus. Di foto jadinya puree agak kental, karena defrost mangga b