Langsung ke konten utama

Javanais ( lapis legit nya negara Belgia )



Seperti halnya di Indonesia, Jepang, Jerman, Perancis...Belgia pun punya jenis kue lapis legit yang sudah ada sejak turun temurun , kue berlapis 6 layer dengan isian "butter cream" rasa" mocha" dan disiram coklat "ganache". Sebagai hiasan biasanya tulisan " Javanais " dari coklat cair . Sampe sekarang masih banyak ditemukan kue ini dijual di supermarket" setempat. Dan harganya juga masih awet mahal dibanding kue lain.

Berikut resep kue Javanaise kuno yang saya ambil dari buku primbon saya ( diktat salah satu sekolah bakery di Belgia ) yang lumayan jadul dan memang lebih ribet, namun hasilnya pun juga akan lain dibanding dengan yang resep praktis yang banyak beredar di media online.

Resep Almond batter / adonan tepung almond ( sebut saja "almond sponge", walaupun texsture nya tidak terlalu sponge ) :

untuk loyang ukuran 40 x 70 cm x tinggi 2 cm
siapkan loyang 40 x 70 cm sebanyak 6 buah, alasi dengan kertas baking
panaskan oven di suhu atas 250° C dan suhu bawah 240° C

Bahan :
2500 tepung almond
2500 gula halus
15 buah telor utuh
250 gram potato starch/pati kentang
10 gr vanili bubuk
5 gr garam
250 gram mentega, cairkan
1250 gr putih telor
750 gram gula pasir

Proses :
Tepung almond + gula halus = ayak halus
Pati kentang + vanili bubuk = ayak halus 
Ayakan ( tepung almond + gula halus ) + telor = mixer sampai kaku / stiff, sisihkan.
Putih telor + garam = mixer, setelah berbuih tambahkan gula sedikit2 sampai habis, mixer terus sampai kaku / stiff. -----> disebut french meringue
Ambil 1/3 dari meringe, tambahkan ke adonan tepung almond = aduk rata pakai spatula. Kemudian tambahkan mentega cair = aduk rata.
Terakhir masukkan sisa meringue, aduk pelan dengan spatula agar udara di meringue tidak hilang semua.
Tuang adonan ke dalam 6 loyang, bagi rata. Seperti membuat bolu gulung / swiss roll. Oven selama 5 - 6 menit. Biarkan benar2 dingin.
Setelah dingin keluarkan dari loyang dan buang kertas baking yang menempel, sisihkan.

Sekarang kita buat isiannya, Mocha Butter Cream..


Karena cuaca lumayan panas maka saya memakai resep butter cream yang berdasar pada gula yang dimasak ( Italian butter cream ). Butter cream ini lebih tahan suhu ruangan dibanding jenis butter cream lain.

Bahan :
2000 gr gula pasir
500 ml air
2000 gr mentega
8 buah telor utuh
mocha essence

Proses :
Gula + air = masak sampai mencapai suhu 121° C,
setelah suhu gula +air mencapai suhu 110° C, mulai mixer telor di baskom lain.

Apabila suhu gula+air mencapai 121°C, angkat dari api, dan tuangkan sedikit2 ke dalam kocokan telor, sambil terus dimixer. Aduk terus sampai tercampur dan kondisi adonan menjadi dingin -----> disebut Italian meringue.

Pegang bagian bawah baskom, apabila suhu sudah menurun masukkan mentega sedikit-sedikit sambil terus mixer on, bersamaan à bisa diselingi penambahan essence mocha nya. Hasilnya akan mendapatkan adonan creamy yang ringan / tidak terlalu pekat.

Penyelesaian :
Ambil satu lembar "almond sponge" , olesi dengan butter cream, tutup atasnya dengan lembaran "sponge almond", olesi butter cream dan seterusnya sampe habis.

Simpan di kulkas / frozen

Selagi menunggu Javanaise cake sedikit mengeras, kita buat chocolate ganache nya.
Bahan :
70 gr gula pasir
170 gr susu cair
170 gr heavy cream
70 gr glucosa
70 gr mentega
2 lembar gelatin
500 gr milk chocolate couverture

Proses :
Gelatin rendam di air dingin
Heavy cream + susu cair +gula pasir + glucosa = masak sampai gula pasir larut
Angkat dari api, tambahkan milk chocolate = aduk rata sampai chocolate meleleh dan tercampur rata.
Peras gelatin dari air dingin dan masukkan ke dalam adonan ganache.
Ganache siap dipakai

Penyelesaian akhir :
Keluarkan javanais dari frozen/kulkas, tuang ganache di atasnya, ratakan dengan spatula dan simpan kembali di kulkas sampai ganache set.

Beri hiasan dan potong2 sesuai selera.

-Mintje-
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Trio of Biscotti ( recipe by Paul Hollywood )

 ( mix nuts + raisins ) (almond chocolate orange biscotti) A Trio of Biscotti ( by Paul Hollywood ) Makes 15-20 Bake 30 minutes Ingredients : For the biscotti base 250g plain white flour (use an extra 30g for the chocolate biscotti), plus extra for dusting ½ tsp baking powder 250g caster sugar 2-3 medium eggs, beaten Pistachio and cranberry flavouring 220g shelled pistachio nuts 125g dried cranberries Finely grated zest of 1 lemon OR Hazelnut and date flavouring 200g skinned hazelnuts 125g stoned dates Finely grated zest of 1 lemon OR Chocolate, almond and orange biscotti 50g good-quality dark chocolate 135g blanched almonds 50g chocolate chips Finely grated zest of 1 orange ½ tsp vanilla extract Methods : 1. Heat your oven to 140°C (or 160°C for a non-fan oven, which is a better option for this recipe if available). Line a baking tray with baking parchment or silicone paper – I suggest you do this even if your tray is non-stick. 2. M

Sop Ayam ala Pak Min Klaten

Kadang kalau lagi keinget alm. Bapak yang hobi jajan dan makan, jadi keinget sop ini, dulu suka sekali Bapak beli buat cucu pertamanya. Jaman sop Pak Min masih trend. Sekarang entah masih ada tidak di Salatiga. Saya pernah icipin sekali, namun sampai sekarang masih keinget rasanya seperti apa. Kenapa cuma sekali icip-icip ? Karena saya dari dulu tidak hobi jajan, lebih senang masak sendiri di rumah, menurut saya lebih sehat dan lebih mantap. Dalam rangka memperingati kangen Bapak, hari ini nge-sop ala Pak Min Klaten, saya suka kalau diberi perasan jeruk lemon agak banyakan, jadi tidak eneg.  Saya pakai ayam untuk dibakar...di sini ada ayam buat dibakar itu trus ayam buat soup, ayam kuning ( dikasih makan jagung ayamnya), ayam muda dan ayam organic. Saya pakai ayam buat dibakar, karena ayam soup kebetulan lagi kosong stoknya di warung dan sudah kepengen banget sama sop satu ini. Ayam di sini amat sangat mudah empuk kalau dimasak, jadi masaknya tidak perlu pakai lama.  Semua

Mango Mousse Cake

Hari ini pengen ba nget makan yang segar-segar … cantik-cantik...dan yang bahan-bahannya ada di stok, lagi males belanja, sejak pandemi sengaja belanja seminggu sekali saja, nah kebetulan ada mangga frozen yang sudah nangkring di kulkas sejak sebulan yang lalu, ada coklat putih yang juga sudah lama duduk manis di lemari, kalau gak salah sisa dulu bikin white choc. mousse, cek tanggalnya masih belum kadaluwarsa teman, mari kita eksekusi. Sesaat setelah buka-buka buku koleksi resep dan intip-intip di google, akhirnya bikin campuran aneka resep sesuai ketersediaan bahan di rumah ... Akan ada 5 lapisan : Bahan-bahannya dan step-stepnya beriringan saja ya agar mudah dimengerti. Mango Jelly 230 gram mangga 30 gram gula pasir 2 gram gelatin ( saya memakai gelatin lembaran ) 10 ml air matang Saya pakai hand mixer, pertama-tama saya bikin puree mangga dahulu. Campur mangga dan gula. Kemudian mixer sampe halus. Di foto jadinya puree agak kental, karena defrost mangga b