Langsung ke konten utama

Mie Goreng Ayam ala Cina ( Chicken Chow Mein )



Setiap habis lihat film cina tempo dulu yang ada kungfunya dan liat orang-orang  makan mie di mangkuk kecil, trus dimakan slutrup di mulut ( maksudnya mie bisa meluncur masuk mulut dengan mulusnya ), bawaannya pasti langsung lapar dan pengen mie, biasanya bikin mie instant, tapi kali ini mencoba hidangan baru. Mie goreng ayam atau bahasa inggrisnya : Chicken Chow Mein, bahasa cinanya : 炒 麵 ( hasil copy paste dari google ).

Chow Mein artinya tumis/menggoreng ( chow ) dan mi ( mein ), jadi bisa diartikan segala macam hidangn yang berupa mie goreng, yang menonjolkan penggunaan saos tiram, kecap ikan dan kecap kedelai. Di dalamnya bisa memakai aneka macam protein seperti daging ayam, babi, udang, kepiting atau sapi. Dengan aneka sayuran dan telor goreng.

Langsung bikin saja ya....berikut resepnya ...

Bahan-bahan :
( untuk 2 orang dewasa )

Untuk bahan perendam ayam:
- 225 gram daging ayam, pakai bagian dada, potong sesuai selera
- 1/2 sdt kecap asin, saya pakai kecap asin yang pekat ( dark soy sauce )
- 1/2 sdm arak masak cina
- 1/4 sdt baking soda
- 1/4 sdt chinese 5 spices 
- merica hitam secukupnya

Untuk bahan saos :
- 2 sdm saos tiram, pilih yang pekat, akan pengaruh ke warna akhir Chow Mein
- 1/4 cup air kaldu ayam, pakai kaldu blok dan cairkan dengan 1/4 cup air panas, ukuran kaldu blok disesuaikan dengan aturan di kemasan kaldu blok.


Untuk  sayuran , protein lain dan bumbunya :
- 1/2 sdm bawang  putih cincang
- 1/4 sdt jahe cincang
- 1 buah cabe, potong halus, optional
- sayuran saya pakai : jamur kancing coklat, sawi putih / selobor, daun bawang, kapri, wortel ( ukuran sesuai selera), jenis sayuran bisa diganti sesuai selera masing-masing / stok di kulkas .
- 150  gram mi telor
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
- 2 buah telor





Untuk garnish
- 1/2 sdt biji wijen, sangrai
- 1/2 sdt minyak wijen

Langkah-langkah :
1. campur semua bahan perendam, aduk rata dan masukkan ayam. rendam di kulkas 30 menit.

2. campur bahan saos, aduk rata.

3. potong-potong semua sayuran yang diperlukan , sesuai selera

4. mie , direbus setengah matang

5. ke dalam wajan bikin scrambled eggs /  telor dadar yang di cacah, sisihkan.

6. di wajan yang sama masukkan ayam beserta bumbu perendamnya, masak sampe ayam matang, sisihkan.

7. masih di wajan yang sama ( irit cucian ), masukkan minyak goreng dan tumis bawang putih + jahe sampe harum, kemudian masukkan sayuran , tumis sampe setengah matang, kemudian masukkan mie + bahan saos, aguk rata sampai air saos semua terserap oleh mi.

8. Terakhir masukkan ayam dan telor, aduk rata dan done...

9. Tata di piring dan tuangi dengan minyak wijen dan taburi biji wijen...enjoy...




Note : 
- mi harus setengah matang, kalau terlalu matang, saat saos dimasukkan, maka mi akan menjadi terlalu matang dan lunak.

- chinese 5 spices bisa beli jadi atau bikin sendiri, kalau bikin sendiri bahan-bahannya :
  1 sdt bubuk kayu manis 
  1 sdt cengkeh bubuk
  1 sdt bubuk biji adas
  1 sdt bubuk merica Sichuan 
  1 sdt bubuk star anis 
  campur semua jadi satu



Selamat mencoba,
Mintje





Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Trio of Biscotti ( recipe by Paul Hollywood )

 ( mix nuts + raisins ) (almond chocolate orange biscotti) A Trio of Biscotti ( by Paul Hollywood ) Makes 15-20 Bake 30 minutes Ingredients : For the biscotti base 250g plain white flour (use an extra 30g for the chocolate biscotti), plus extra for dusting ½ tsp baking powder 250g caster sugar 2-3 medium eggs, beaten Pistachio and cranberry flavouring 220g shelled pistachio nuts 125g dried cranberries Finely grated zest of 1 lemon OR Hazelnut and date flavouring 200g skinned hazelnuts 125g stoned dates Finely grated zest of 1 lemon OR Chocolate, almond and orange biscotti 50g good-quality dark chocolate 135g blanched almonds 50g chocolate chips Finely grated zest of 1 orange ½ tsp vanilla extract Methods : 1. Heat your oven to 140°C (or 160°C for a non-fan oven, which is a better option for this recipe if available). Line a baking tray with baking parchment or silicone paper – I suggest you do this even if your tray is non-stick. 2. M

Sop Ayam ala Pak Min Klaten

Kadang kalau lagi keinget alm. Bapak yang hobi jajan dan makan, jadi keinget sop ini, dulu suka sekali Bapak beli buat cucu pertamanya. Jaman sop Pak Min masih trend. Sekarang entah masih ada tidak di Salatiga. Saya pernah icipin sekali, namun sampai sekarang masih keinget rasanya seperti apa. Kenapa cuma sekali icip-icip ? Karena saya dari dulu tidak hobi jajan, lebih senang masak sendiri di rumah, menurut saya lebih sehat dan lebih mantap. Dalam rangka memperingati kangen Bapak, hari ini nge-sop ala Pak Min Klaten, saya suka kalau diberi perasan jeruk lemon agak banyakan, jadi tidak eneg.  Saya pakai ayam untuk dibakar...di sini ada ayam buat dibakar itu trus ayam buat soup, ayam kuning ( dikasih makan jagung ayamnya), ayam muda dan ayam organic. Saya pakai ayam buat dibakar, karena ayam soup kebetulan lagi kosong stoknya di warung dan sudah kepengen banget sama sop satu ini. Ayam di sini amat sangat mudah empuk kalau dimasak, jadi masaknya tidak perlu pakai lama.  Semua

Mango Mousse Cake

Hari ini pengen ba nget makan yang segar-segar … cantik-cantik...dan yang bahan-bahannya ada di stok, lagi males belanja, sejak pandemi sengaja belanja seminggu sekali saja, nah kebetulan ada mangga frozen yang sudah nangkring di kulkas sejak sebulan yang lalu, ada coklat putih yang juga sudah lama duduk manis di lemari, kalau gak salah sisa dulu bikin white choc. mousse, cek tanggalnya masih belum kadaluwarsa teman, mari kita eksekusi. Sesaat setelah buka-buka buku koleksi resep dan intip-intip di google, akhirnya bikin campuran aneka resep sesuai ketersediaan bahan di rumah ... Akan ada 5 lapisan : Bahan-bahannya dan step-stepnya beriringan saja ya agar mudah dimengerti. Mango Jelly 230 gram mangga 30 gram gula pasir 2 gram gelatin ( saya memakai gelatin lembaran ) 10 ml air matang Saya pakai hand mixer, pertama-tama saya bikin puree mangga dahulu. Campur mangga dan gula. Kemudian mixer sampe halus. Di foto jadinya puree agak kental, karena defrost mangga b